Minggu, 24 Desember 2017

Jadwal UN dan simulasi UN

Jadwal UN dan simulasi UN


UN atau kepanjangannya Ujian Nasional merupakan ujian berstandar nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk mengetahui Tingkat keberhasilan di masing-masing daerah di Indonesia.

Walaupun banyak yang menentang, UN bakal dipastikan tetap dilaksanakan di tahun 2018 mendatang. Yang dilakukan baik dengan CBT (Computer Based Test) atau PBT (Paper Based Test). Kemungkinan besar di Jakarta, akan diselenggarakan dengan CBT. Itu memakai sistem komputer dalam melakukan ujian nasional. Sedangkan di daerah yang masih belum memiliki fasilitas yang cukup, kemungkinan besar masih menggunakan sistem PBT. Meskipun sebagian besar di Indonesia sekarang sudah menggunakan sistem CBT.

Sistem CBT yang sekarang sedang digalakkan memiliki keuntungan di antara lain yaitu soal dapat diacak dan menghindari kecurangan-kecurangan yang selama ini dapat dilakukan pada sistem PBT. Namun sistem CBT juga memiliki kekurangan. Diantaranya siswa kesulitan dalam mengerjakan soal dan juga lebih tegang karena waktu selalu terpampang di depan mata.

Untuk itu siswa harus melakukan simulasi yang serupa dengan cbt tersebut agar pada pelaksanaannya siswa sudah terbiasa. Berikut ini adalah jadwal simulasi UN SMP dan SMA yang akan dilaksanakan :


Diharapkan siswa dapat mengikuti simulasi tersebut agar terbiasa dengan sistem cbt.

Untuk UN itu sendiri akan diselenggarakan di bulan April. Berikut ini jadwal UN tersebut :



Khusus untuk tingkat SMA untuk lebih jelasnya. Berikut merupakan jadwal tingkat SMA baik IPA maupun IPS secara lebih rinci:


Diharapkan baik siswa maupun orang tua siswa dapat mempersiapkan anaknya untuk menghadapi UN yang akan datang. Diantaranya dengan memberikan pelajaran tambahan kepada anak baik melalui bimbel les privat maupun belajar kelompok serta belajar mandiri di rumah.

Semoga postingan ini bermanfaat untuk siswa maupun orang tua dalam mempersiapkan anaknya.



Oleh: Agus Prayitno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar